Tips Membaca Buku

Sudah senin saja rupanya, dan saya belum membaca satu buku pun dalam dua hari ini. Iya bener, belum membaca banyak maksudnya, sebaris dua baris udah sih. Dan sudah pasti karena tidak niat meski kesempatan banyak, selain itu bisa saja ada gangguan dari luar, keponakan yang maunya donlot game terus, teman yang ngajak keluar main. Tapi yang paling banyak ya itu, yang berasal dari "henpron".

Karena adanya henpron atau hengpong keponakan jadi merapat terus dari mau tidur sampai bangun tidur. Makanya itu barang masuk urutan nomor satu yang harus dilempar jauh-jauh kalau mau membaca buku. Yang kedua, pastikan bukunya ada, lha iya kalau gak ada apa yang mau dibaca? Yang ketiga tempatnya ada, bisa di atap, di kolong, di dalam gua, dalam kulkas, suka-suka situ deh. 

Nah tips yang wajib ada, ada bukunya ada tempatnya udah selesai. Kalau soal harus ada kopi, jus, teh manis ataupun cemilan ya itu soal selera masing-masing, kantong masing-masing. Jangan sampai kita mau membaca buku eh bukunya belum ada, terus minjem, udah gitu minjem sama kopinya, cemilannya dan sofa tetangga. Enak di elu susah di tetangga, hasil bacaanmu insyaallah gak berkah.

Lho, kenapa beda tipsnya dengan yang di foto sih? Lah ya gak harus sama juga, toh orangnya juga beda, tempatnya beda, bacaanya beda, ideologinya beda. Kalau dia lebih serius kalau saya lebih ngawur. Dan yang paling menentukan ya kualitas otaknya yang beda. Eh!
------------------------------
Galuhtimur, Jawa Tengah

Djenar Abunetti

Sent from my BlackBerry 10 smartphone

0 comments: